Mengenali Dan Cara Mengatasi Penyebab Stres

Kopihitam.my.id - Stres mungkin setiap orang pernah mengalaminya, akan tetapi ada sebagian orang yang masih mempercayai mitos yang berhubungan dengan stres. mari kita mengenali dan cara mengatasi penyebab stres. 

mengenali dan mengatasi stres

PERTAMA 
Mitos : stres menjadi bagian dari kehidupan,  

Fakta : Anggapan ini tidaklah benar. Seseorang memang menghadapi stres dalam banyak situasi, namun tidak berarti menerima stres begitu saja dan menjadikannya bagian dari kehidupan. Stres dapat dihilangkan, misalnya dengan melakukan perencanaan serta menentukan prioritas dalam hidup. Stres bukan sesuatu bagian menetap dari kehidupan.

mengenali dan mengatasi stres

KEDUA
Mitos : stres disebabkan karena terlalu banyak bekerja. 

Fakta : Yang menjadikan stres adalah tekanan yang dibutuhkan saat bekerja. Bila seseorang berpikiran untuk mengurangi stres dengan mengurangi pekerjaannya, itu tidak tepat. Kerjakan dan fokuslah pada satu pekerjaan untuk mengurangi stres. Jangan melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu yang sama.

mengenali dan mengatasi stres

KETIGA
Mitos : yoga dan meditasi akan mengurangi stres.

Fakta : Yoga dan meditasi memang dapat membantu pikiran dan tubuh lebih santai, namun tidak semua orang dapat terbantu dengan metode ini untuk mengurangi stres. Hal ini nyatanya juga tergantung pada keadaan masing-masing individu. Diri kita sendiri harus menemukan cara mengurangi stres yang tepat sesuai dengan situasi yang ada.

mengenali dan mengatasi stres

KEEMPAT
Mitos : Merokok dan minum alkohol bisa mengurangi stres.

Fakta : Merokok atau minum minuman beralkohol tidak ada hubungannya dengan pengurangan stres. Bahkan sebaliknya, tindakan tersebut justru akan memicu stres pada seseorang. Tidak hanya itu, merokok dan minuman beralkohol akan berdampak buruk lebih banyak pada kesehatan.

mengenali dan mengatasi stres

KELIMA
Mitos : Stres menyebabkan penyakit jantung. 

Fakta : Yang menjadi tidak benar adalah, ternyata stres tidak hanya akan menyebabkan penyakit jantung, namun juga akan mempengaruhi otak serta hampir seluruh bagian tubuh. Oleh karena itu, stres akan memicu banyak penyakit.

mengenali dan cara mengatasi stres

Berbicara tentang penyakit, stres nyatanya juga bisa berefek pada kesehatan kulit. Efek pekerjaan yang menumpuk dan berbagai masalah lain, tidak hanya membuat mood menjadi buruk tapi juga bisa berakibat negatif pada penampilan, tepatnya kulit pun bisa ikut stres.


Ada beberapa efek stres pada kesehatan kulit, menurut para pakar.

  1. Jerawat bertambah parah. Saat stres, tubuh kamu mengeluarkan hormon kortisol. “Ketika hormon kortisol naik, kadar hormon testosteron akan ikut naik. Hormon khas pria ini (testoteron) menyebabkan terjadi lonjakan produksi sebum atau minyak di kulit sehingga menyebabkan jerawat memerah dan lebih meradang,” kata dokter kulit Neal Schultz, MD seperti dilansir laman asing. Bila hal tersebut terjadi kamu bisa mengatasinya dengan cara mencuci wajah dua kali sehari untuk melenyapkan kelebihan minyak. Dengan mengaplikasikan obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide untuk membunuh bakteri dan meredakan peradangan.
  2. Mata kamu terlihat sangat lelah. Dalam kondisi stres, kamu akan cenderung kurang tidur. Hasilnya, sirkulasi darah melambat sehingga pembuluh darah di bawah mata meluas dan menyebabkan lingkaran hitam di sekitar mata dan mata akan menjadi sembab. Cara mengatasi hal ini adalah dengan tidur cukup dan gunakan concealer dengan ujung yang mampu memijat kulit di sekitar mata agar mata nampak lebih cerah.
  3. Kulit akan terlihat kusam. Kulit bercahaya akan hilang begitu stres melanda, karena tubuh kehilangan cairan sehingga tidak mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati sebagaimana biasanya. Solusi termudahnya adalah kamu bisa menggunakan pelembab wajah dengan asam salisilat untuk mengelupas sel-sel kulit mati, sekaligus membantu kulit mendapatkan kelembabannya kembali.
  4. Wajah memerah. Peradangan adalah hasil lain dari stres. Selain itu, stres juga akan membuat kulit menjadi lebih sensitif, kering, dan teriritasi, serta dapat memicu timbulnya ketombe pada wajah berbentuk serpihan kecil di sekitar hidung dan alis. Jika sudah begini kamu bisa mengandalkan masker alami untuk menenangkan kulit, seperti masker bunga chamomile, mentimun, atau lidah buaya.
Lantas bagaimana cara mengatasi stres. Ada sebuah teknik yang dipercaya bisa membantu kamu merasa jauh lebih rileks, sehingga dapat berpikir jernih di tengah kekacauan itu, yaitu ambillah napas panjang lalu hembuskan. Mungkin terdengar klise, sebab kamu tak benar-benar merasakan efeknya selama ini. 

Namun menurut Andrew Weil, MD, pendiri dan direktur Arizona Center for Integrative Medicine, menarik napas panjang dengan tepat sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah dan detak jantung, membuat suasana hati jauh lebih tenang, sehingga bisa membantu kamu berpikir lebih jernih dan positif hanya dalam 2 menit. “Bila kamu tak merasakan manfaatnya, mungkin kamu salah melakukannya.” Andrew menyarankan untuk melakukan teknik pernafasan “4-7-8”.

Caranya, tutup mulut dan tarik napas melalui hidung selama 4 hitungan. Lalu tahan napas selama 7 hitungan. Kemudian buang napas selama 8 hitungan. Ulangi kegiatan ini setidaknya 3 kali, bila memungkinkan tutuplah mata untuk bisa merasakan ketenangan lebih.

Sementara itu, Christina Vestergaard, MD, MPH, pulmonologist di Massachusetts General Hospital menilai bahwa dengan mengambil napas secara penuh mampu menekan syaraf-syaraf yang berhubungan dengan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga dapat membantu tubuh untuk merasa lebih rileks. Di samping, membuat seseorang fokus ke dirinya sendiri dan mampu melupakan hal-hal di sekitar dalam sejenak. Sehingga, otak memiliki kesempatan untuk beristirahat. Tak hanya saat mengambil napas, menahan napas pun mampu memberikan sensasi santai bagi tubuh. Disaat menahan napas, tubuh akan meningkatkan karbon dioksida dalam aliran darah yang mampu merenggangkan pembuluh darah. Sehingga, kamu bisa terhindar dari kasus kepala pusing saat banyak pikiran.


Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat untuk mengetahui dan mengatasi penyebab stres dalam kehidupan kita sehari-hari.

Terima kasih.



Demo Blog NJW V2 Updated at: 5:14:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya, silahkan meninggalkan komentar dengan bijak dan beretika.

loading...

Popular Posts