Cara Menemukan Ide Dalam Menulis Artikel

Kopihitam.my.id - Awal menulis atau memutuskan sebagai seorang blogger yang masih amatir seperti gue ini, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi juga tak sesulit membalikkan telapak kaki.

berikut beberapa cara menemukan ide dalam menulis

Banyak kendala dan halangan yang ditemui, diantaranya adalah, 
  • kesulitan untuk memulai, memulai untuk mengawali kata.
  • kesulitan untuk mencari ide tulisan, 
  • Kehilangan mood
  • Atau kesulitan lainnya yang dapat menghambat konsistensi dalam menulis atau mendapatkan ide.
Akan tetapi hal tersebut bukanlah menjadi sebuah alasan untuk gue jadi males atau berhenti bercerita, mengemukakan pendapat atau sekadar mencurahkan berbagai curhatan yang ga penting.

Hal-hal yang gue sebut di atas memang berdasarkan pengalaman gue pribadi, sehingga gue pun harus mencari solusi agar selalu menghasilkan inovasi atau motivasi dalam menulis atau mendapatkan ide.
Berikut beberapa hal yang biasa gue lakuin sebagai ritual untuk mendapat ide dalam menulis, gue rangkum menjadi 7 cara menemukan ide dalam menulis artikel

Beribadah Atau Mendekatkan Diri
Bagi gue, dengan beribadah dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, gue bisa menenangkan hati dan pikiran gue, saat hati dan pikiran gue tenang, biasanya ide untuk menulis akan timbul dengan sendirinya. (Ga percaya? trust me!!!it works)

beberapa cara untuk menemukan ide dalam menulis
Beribadah Atau Mendekatkan Diri
Bercerita Melalui Foto
Gue punya hobi sebagai tukang foto, segala sesuatu yang menarik biasanya gue foto, entah itu alam, seni, atau hal unik lainnya. Nah saat gue bingung mau nulis apa, gue coba buka folder foto-foto di laptop untuk melihat gambar yang unik yang pernah gue jempret, berhubung foto yang dihasilkan dari hasil jepretan gue sendiri, secara nggak langsung gue bisa bercerita berdasarkan alur dan biasanya jadi sebuah ide cerita.

beberapa cara menemukan ide untuk menulis
Bercerita Melalui Foto
Mendengar Cerita Teman
Mendengarkan cerita teman bisa menjadi ide dalam menulis, akan tetapi bukan tentang hal yg rahasia, atau curhatan teman kita sebarkan, dari cerita teman tersebut bisa gue kembangkan menjadi sebuah tips atau solusi dari masalah dia, atau pengalaman dia yang lucu bisa gue angkat menjadi sebuah ide tulisan.

beberapa cara untuk menemukan ide dalam membuat tulisan
Mendengarkan Cerita Teman
Jalan-Jalan Atau Hang Out
Sedikit refreshing dengan jalan-jalan atau sekedar hang out, biasanya gue bisa dapat ide tulisan, bisa dari cerita kemacetan, rekomendasi tempat kuliner, atau lokasi yang sedang gue kunjungin, selain itu sekalian juga gue bisa jadi tukang foto dadakan, jadi sekali jalan dua hobi terlampaui. Asik kan?

beberapa cara menemukan ide untuk menulis
Jalan-jalan atau hang out
Dengerin Musik
Dengan mendengarkan musik, gue bisa dapat banyak ide, tapi semua juga tergantung dari jenis musik yang diperdengarkan, biasanya gue mendengarkan alunan musik yang agak slow, yang kaya ada manis-manisnya gitu, jadi tulisan gue juga mengalir begitu aja.(lama-lama ketiduran)

beberapa cara untuk menemukan ide untuk menulis artikel
Mendengarkan musik
Mencari Referensi Dari Internet
Di internet berbagai macam artikel dibahas, dari ujung rambut sampai ujung jempol kaki, dari bangun tidur sampai tidur lagi, nah dari beraneka macam dan ragam tersebut gue bisa mencari banyak referensi ide, tapi yang pasti bukan dengan copy paste juga, atau dengan mengunjungi forum-forum untuk bertukar pikiran, nanti biasanya kalo lagi encer nih otak bisa jadi tulisan. Dengan mengunjungi website dari luar negeri bisa juga lho jadi ide menulis, selain gue harus tau artinya maka otomatis gue juga jadi belajar bahasa asing.

beberapa cara menemukan ide untuk menulis artikel
Referensi Dari Internet
Main Game
Salah satu kegiatan gue kalau udah mentok mau nulis apaan adalah main game, karena dengan main game, otomatis gue harus menentukan strategi, nah otak gue jadi mau ga mau jadi aktif.

beberapa cara menemukan ide untuk menulis artikel
Ilustrasi - Main Game
Istirahat
Nah kalau udah bener-bener mentok, itu tandanya otak gue harus di istirahatin. Kalo dipaksain juga, bisa berasap nanti, bukan ide yang keluar malah lamunan yang nggak-nggak bisa keluar.

beberapa cara menemukan ide untuk menulis artikel
Istirahat
Itu beberapa cara yang biasa gue lakuin untuk menemukan ide dalam menulis artikel, mungkin di antara teman-teman ada yang memiliki metode yang lain? silahkan di tambahkan atau di share, supaya berguna juga untuk teman-teman blogger atau pembaca di manapun berada.
Gue rasa segini dulu hal yang bisa gue bagikan, bukan bermaksud sok jago atau sok tahu, hanya sedikit berbagi, mudah-mudahan bisa jadi manfaat. selain hal yang gue lakuin di atas, satu hal yang paling penting menurut gue adalah konsisten dalam menulis, karena sebagaimanapun ide yang gue dapat kalau gue nggak konsisten bisa jadi akan sia-sia(itu menurut gue sih).

Maafkan jika ada salah kata atau penulisan, wassalam.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 4:38:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya, silahkan meninggalkan komentar dengan bijak dan beretika.

loading...

Popular Posts