Janji Itu Hutang Tetapi Hutang Tidak Dibayar Janji

Bayar janji bukan dengan hutang
Kopihitam.my.id - Siapa yang punya hutang? Atau
Siapa yang memberikan hutang?
Entah kepada sahabat, teman atau kerabat.

Karena sampai sekarang saya kadang merasa bingung, berdasarkan pengalaman pribadi, biasanya sang penghutang bukan menunjukan sikap yang baik ketika saya, kamu atau kalian menagih, malah sebaliknya. 
Ada yang menerapkan sistem tarik ulur, sengaja minta di kasihani atau malah menunjukan jurus andalan mereka yaitu menghilang tanpa jejak. Seribu satu macam alasan yang senantiasa dilancarkan sang penghutang.

Apakah sebelumnya mereka yang berhutang tidak berpikir, atau ingat ketika mereka meminjam, segala tipu muslihat, segala keahlian mengolah kata dan segala rayuan mereka utarakan.

Apakah mereka tidak sadar, mereka telah meminta seseorang untuk berkorban demi menolong mereka?

Padahal, modal utama untuk membayar hutang adalah niat, karena dimana ada niat disitu ada jalan.

Yang kedua, mereka juga harus berani berkorban untuk membayar hutang mereka.

Yang ketiga, jika mereka belum sanggup membayar pada waktu yang ditentukan, setidaknya mereka memiliki lisan untuk menyampaikan dengan baik. Secara tidak langsung itu menunjukan itikad baik sang penghutang. Bukan hanya diam membisu, pura-pura lupa atau malah memusuhi kita dan menyebarkan fitnah.

Hal yang paling mengesalkan lagi adalah ketika sang penghutang melalaikan kewajiban membayar, malahan mereka melakukan tindakan bersenang-senang atau membeli sesuatu yang mereka inginkan.

Kedepannya supaya teman-teman atau siapapun lebih dapat menyeleksi kepada siapa kita akan meminjamkan, bukan berarti saya menyarankan untuk pelit dalam hal tolong-menolong, tapi supaya juga tidak merugikan atau menjadi masalah ketika berurusan dengan yang namanya hutang piutang.

Karena janji adalah hutang akan tetapi hutang tidak akan bisa lunas dengan janji, semoga tulisan yang panjang kali lebar ini bisa sedikit bermanfaat.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 4:52:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya, silahkan meninggalkan komentar dengan bijak dan beretika.

loading...

Popular Posts